Your message has been sent, you will be contacted soon

Call Me Now!

Tutup

100 Bantara Ikut Ujian TKK

  • Array

Gugus Depan 01.231-01.232 Pramuka SMK Plus NU Sidoarjo menggelar pembinaan dan mengembangkan karakter siswa selama 2 hari.

Kegiatan itu berupa Ujian Tanda Kecakapan Khusus (TKK) dan Perkemahan Bantara di bumi perkemahan Lumbung Wit-Witan Jolotundo Trawas-Mojokerto.

Wakil kepala sekolah bidang kurikulum Sukemi Riadi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wujud Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang sedang digalakkan oleh Kemendikbud Ristek.

Pasalnya, Pramuka menjadi bagian penting di sekolah yang nilai-nilainya sangat mendukung P5.

“Ini merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan dan diikuti, guna terus mengasah kemandirian serta kemampuan siswa dalam kegiatan yang bersifat positif,” kata Sukemi usai membuka kegiatan, Sabtu (10/6/2023).

Ia menambahkan, untuk mengikuti ujian TKK dan pelantikan Bantara ini peserta harus menyelesaikan berbagai tugas yang termuat dalam syarat-syarat kecakapan umum (SKU) Penegak Bantara.

Dalam kegiatan Bantara kali ini ada 5 TKK (Tanda Kecakapan Khusus) yang diujikan. Yakni mendirikan tenda, pionering, menjahit, memasak, dan petunjuk arah.

Bertemakan Satu Tekad untuk Penegak yang Berkualitas dengan Asas Pancasila dan Dasa Darma kegiatan tersebut diikuti oleh 100 peserta dari kelas X. (Ci/Ca)

Leave a Comment