Oleh: Gheyta Messia Salsabila A.W.
Siswa MTs Negeri 7 Jember
Bangsa Indonesia adalah bangsa majemuk yang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama dan bahasa. Indonesia terkenal dengan berbagai kekayaannya, salah satunya adalah keragaman suku yang ada di Indonesia. Keragaman suku yang sangat banyak ini menjadikan Indonesia memiliki populasi yang tidak sedikit. Indonesia selalu mengalami kenaikan jumlah populasi setiap tahunnya. Hal akan meningkatkan jumlah anak muda setiap tahunnya, dan Indonesia bisa memanfaatkan hal tersebut untuk memajukan negeri dengan cara memajukan anak mudanya.
Indonesia akan mengalami masa emasnya pada tahun 2045 tepat di umur bangsa Indonesia yang ke-100. Visi Indonesia Emas 2045 merupakan visi pemerintah untuk membangun negara maju yang berdaulat, adil, dan makmur. Salah satu aksi untuk merealisasikan Visi Indonesia Emas 2045 adalah dengan memberi pendidikan yang lebih baik untuk pemuda, yaitu pendidikan yang mampu menginspirasi generasi muda untuk berkarya dan belajar sebaik mungkin.
Pendidikan akan mencetak generasi muda yang unggul dan menguasai pengetahuan serta teknologi. Faktanya sistem pendidikan di Indonesia masih sangat kurang dibandingkan negara lain. Masalah pendidikan di Indonesia masih sangat banyak dan harus dibenahi satu per satu untuk merealisasikan Visi Indonesia Emas 2045. Generasi muda sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul yang bertanggung jawab untuk mempersiapkan bangsa Indonesia menjadi lebih kuat dan maju ke depan.
Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata krama seseorang atau sekelompok orang dalam proses belajar mengajar. Pendidikan berperan penting dalam pendewasaan anak karena pada saat anak belajar mereka akan dilatih untuk bersikap dewasa dalam mengatasi masalah-masalah tertentu. Pendidikan menjadi salah satu hal penting dalam kehidupan masyarakat terutama untuk meningkatkan kualitas SDM di Indonesia.
Indonesia merupakan negara berpendidikan tetapi kondisi pendidikan di Indonesia masih tidak merata. Masih terdapat ketimpangan pelayanan pendidikan di daerah perkotaan, pedesaan, maupun pelosok Indonesia, utamanya di daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (3T). Beberapa hal yang menjadi penyebab adalah minimnya guru berkualitas, sarana dan prasarana sekolah, serta akses transportasi maupun teknologi di daerah 3T.
Perbaikan pelayanan pendidikan di seluruh penjuru tanah air tentu akan berdampak pada kemajuan Indonesia. Tidak menutup kemungkinan bahwa generasi muda di daerah 3T yang akan mampu membawa Indonesia untuk mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045. Oleh karena itu mereka harus mendapatkan pelayanan pendidikan yang memadai. Bagaimana cara meningkatkan pelayanan pendidikan di daerah 3T?
Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk memeratakan pendidikan di Indonesia. Salah satu langkah yang telah diterapkan adalah program SM3T, yaitu program pengabdian sarjana pendidikan untuk berpartisipasi dalam percepatan pembangunan pendidikan di daerah 3T selama satu tahun. Keberadaan sarjana pendidikan fresh graduated sangat berdampak terhadap pemerataan dan kemajuan pendidikan di Indonesia. Kreativitas dan inovasi mereka mampu memberikan pembaruan pada pendidikan di daerah 3T.
Upaya lainnya yang dilakukan pemerintah dalam akselerasi pendidikan di daerah 3T yaitu dengan meningkatkan pelayanan teknologi. Pemerintah membangun akses internet dan beberapa laptop telah didistribusikan ke daerah 3T. Upaya ini dilakukan supaya daerah 3T mampu melaksanakan digitalisasi pendidikan, sehingga tidak ada lagi kesenjagan pendidikan di daerah perkotaan, pedesaan, dan 3T.
Langkah lain yang bisa ditempuh pemerintah adalah dengan menyelenggarakan student exchange. Beberapa siswa di daerah 3T bisa didelegasikan untuk mengikuti pembelajaran di kota-kota besar yang memiliki fasilitas unggulan. Program ini akan memberikan pengalaman nyata kepada siswa yang nantinya bisa memotivasi untuk mengembangkan dirinya dan teman-temannya di daerah 3T.
Langkah lain yang bisa diterapkan yaitu dengan adanya guru tamu yang merupakan guru profesional yang berprestasi. Harapannya, guru tersebut mampu berbagi pengalaman dan menginfeksi siswa di daerah 3T untuk selalu maju dan berpikiran ke depan. Keberadaan guru tamu akan memeberikan nuansa yang berbeda dalam pembelajaran di sekolah sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan inovatif.
Kualitas pendidikan menjadi hal yang urgen untuk melahirkan generasi emas Indonesia di tahun 2045. Pendidikan merupakan kunci utama bagi sebuah negara untuk ungul dalam persaingan global. Pemerataan pendidikan Indonesia hingga daerah 3T akan menjadikan pendidikan Indonesia berkualitas. Pendidikan yang berkualitas akan merealisasikan Visi Indonesia Emas 2045.